CIPTAKANLAH LINGKUNGAN DIMANA BERTANYA MEMANG AMAN


Sejarawan pemenang hadiah Pulitzer Garry Wills berkata,”Para pengikut memiliki pendapat tentang kemana mereka dipimpin. Pemimpin yang mengabaikan hal ini akan segera menyadari dirinya tidak mempunyai pengikut. Para pemimpin tertinggi mesti mengizinkan para pemimpin lainnya yang bekerja untuk mereka untuk turut berpartisipasi secara penuh dalam proses kepemimpinan perusahaan. Jika pemimpin di level menengah mempertanyakan mereka, mereka tidak menanggapinya secara pribadi. Ketika mereka berbagi ide, para pemimpin tertinggi tidak merasa terancam. Ketika bawahan mereka ingin mengambil resiko, mereka bersedia memberikan kesempatan untuk gagal atau berhasil.

Sifat alami kepemimpinan adalah menantang. Kepemimpinan menantang ide-ide kuno. Kepemimpinan menantang cara-cara lama dalam melakukan sesuatu. Jangan pernah lupakan penghargaan atas keberhasilan. Jika Anda memberikan penghargaan terhadap kepuasan diri, Anda akan memperoleh kepuasan diri dari pemimpin menengah. Tetapi jika Anda berpuas diri dan mengijinkan mereka menemukan cara baru dalam melakukan tugas mereka – cara yang mungkin lebih baik dari Anda – organisasi akan maju lebih cepat.

Alih-alih berusaha menjadi Mr. Answerman atau Ms. Fix-it, saat pemimpin Anda memulai tugas mereka, berpindahlah ke belakang. Berusahalah menjadi penasehat dan pendorong yang bijaksana. Sambutlah hasrat para pemimpin Anda untuk berinovasi dan memperbaiki organisasi. Lagi pula, Saya rasa Anda akan setuju bahwa kemenangan organisasi adalah juga kemenangan Anda.

Jadi peran apa yang Anda mainkan dalam organisasi Anda? Apakah Anda “sang ahli” atau lebih sebagai penasehat dan pembela? Tanyakan pada diri Anda, “Apakah saya menyediakan lingkungan dimana orang-orang boleh bertanya, berbagi ide dan mengambil resiko?

Dikutip dari The 360° Leader

(nyomot dari FB)

Leave a comment

Filed under re-post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s