Planning For A Powerful Presentation II


SMART BUSINESS TALK
JAMES GWEE
Planning For A Powerful Presentation II
11 Nopember 2008

INTISARI

Sebelum melakukan presentasi alangkah baiknya jika kita menentukan apa pesan yang akan kita sampaikan kepada para peserta. Untuk itu perlu diketahui juga bahwa ada lima tujuan presentasi. Pertama presentasi bertujuan untuk menginformasikan ide kepada para peserta agar mereka ingat apa yang kita berikan. Tapi ingat saja tidak cukup. Agar pesan yang kita sampaikan ini menjadi efektif maka kita harus menjelaskan ide kita kepada mereka. Dengan penjelasan maka mereka tidak hanya ingat, tapi juga mengerti ide yang kita sampaikan.

Untuk mengetes apakah mereka mengerti dengan apa yang telah kita jelaskan, maka mintalah mereka untuk kembali menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri di depan peserta lainnya. Nah dari kedua hal tadi kita sudah mendapat petunjuk mengenai contoh – contoh seperti apa yang akan kita berikan kepada peserta.

Ide telah disampaikan dan dimengerti oleh peserta, maka kini waktunya untuk meyakinkan peserta dengan penjelasan kita di awal, sehingga peserta tidak ragu lagi. Meyakinkan peserta berarti juga mencoba untuk mengubah opini yang telah dipunyai dan dipercayainya selama ini. Pengubahan opini ini bisa dilakukan dengan penunjukkan testimoni. Jika opini mereka sudah dapat tergantikan maka saatnya untuk ‘BERAKSI’ dengan meminta mereka untuk melakukan Closing Deal. (hac)

Link: http://www.smartfm.co.id/articles/archives/2008/11/11/planning_for_a_powerful_presentation_ii/

1 Comment

Filed under James Gwee

One response to “Planning For A Powerful Presentation II

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s