Stay In Touch With Your Customer


Ingatkah Anda nama sales person yang menjual televisi kepada Anda? Menjual AC kepada Anda?  Menjual perabotan, karpet, lemari es, dan komputer kepada Anda? Anda tidak ingat?

Jika Anda tidak ingat, lantas salah siapakah ini? Apakah salah Anda (sebagai pelanggan) karena melupakannya, ataukah salah si penjual yang tidak melakukan usaha apapun untuk mengingatkan Anda?

Sebaliknya, jika Anda seorang sales person, seberapa besar keyakinan Anda bahwa para pelanggan Anda:
1. Mengetahui dan mengingat nama Anda.
2. Mengetahui bagaimana cara menghubungi Anda?

Bila mereka lupa atau tidak tahu bagaimana cara menghubungi Anda, maka:
1. Jika mereka ingin membeli lagi, bagaimana mereka dapat menghubungi Anda?
2. Jika mereka ingin menginformasikan kepada teman-temannya tentang Anda, bagaimana mereka dapat mereferensikan Anda?

Akanlah sangat menyedihkan bila “mantan” pelanggan Anda tidak dapat membeli lagi dari Anda, ataupun mereferensikan Anda kepada teman-temannya. Sangat menyedihkan sebab Anda sudah melakukan banyak hal untuk meyakinkan mereka ketika pertama kali membeli dari Anda. Dan sangatlah nyata bahwa mereka menyukai dan percaya kepada Anda sehingga mereka ingin membeli dari Anda. Tapi bila semua itu adalah usaha untuk memperoleh satu order tanpa kesempatan mendapatkan sebuah re-order atau referral, sangatlah menyedihkan!

Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi Anda untuk “stay in touch” dengan para pelanggan Anda!

http://www.jamesgwee.info/jamesgweearticle/stay-in-touch-with-your-customer

Leave a comment

Filed under James Gwee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s