Deliver Your Commitment Soon After You Signed A Contract II


Melupakan kegiatan setelah melakukan penjualan kerap dilakukan oleh para salesman. Hal ini harus mulai dihindari, karena memberikan pelayanan purna jual perlu dilakukan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan.

Salesman haruslah memberikan segala informasi mengenai produk yang telah berhasil dijualnya, karena ini terkait dengan kualitas produk dan kelanjutan hubungan pelanggan.

Setelah memberikan informasi mengenai segala sesuatu mengenai produk langkah selanjutnya yang harus dilakukan salesman adalah memonitor pengiriman atau “Delivery Monitoring”. Sebenarnya salesman tidak mutlak harus ikut melakukan pengiriman, tapi paling tidak salesman ini meyakinkan bahwa produk telah sampai di tangan pelanggan dengan baik. Kemudian adalah “Perform as Promised” atau berikan pelayanan produk seperti apa yang dijanjikan. Pelayanan ini dapat dilakukan jika sebelumnya salesman memonitor proses pengiriman produk. Sehingga salesman tahu apa lagi yang menjadi kebutuhan pelanggan terkait dengan produk yang telah dibelinya itu.

Berikutnya adalah “Try to Serve Personally”. Sebagai Sales Manager boleh – boleh saja mendelegasikan tugas pada anak buahnya tapi dengan syarat harus mentraining lebh dahulu anak buahnya itu. Selain itu monitor juga kegiatan anak buah ini dalam melakukan sales, agar dapat “Perform as Promised”.

Biasanya para salesman akan begitu saja meninggalkan pelanggannya setelah berhasil melakukan penjualan. Padahal yang seharusnya dilakukan adalah “Communicate Periodically”. Tetap menjaga hubungan dengan pelanggan, walaupun sekedar menanyakan hal remeh seperti menanyakan kabar, atau memberikan kartu ucapan selamat ulang tahun bahkan Happy Wedding Anniversary. Walaupun remeh, tapi kegiatan ini akan membekas di benak pelanggan dan membuat pelanggan akan kembali pada kita.

“If Possible, Do Something Beyond Their Expectation”. Jangan pernah ragu menanyakan apa yang diharapkan pelanggan terhadap produk yang telah diinginkannya. Dan kalau bisa kita harus memberikan lebih dari yang mereka butuhkan.

Nah jika produk sudah terjual dan pelanggan nampak puas dengan produk dan pelayanan kita, janganlah terburu – buru menanyakan referensi. “Ask Referrals after all Promised Delivered (They Want to Help You Because You Help Them First). Karena mereka dengan sendirinya mereka akan memberikan referensi jika apa yang kita lakukan memuaskan mereka.

Link : http://www.smartfm.co.id/articles/archives/2007/08/09/deliver_your_commitment_soon_after_you_signed_a_contract_ii/

Leave a comment

Filed under FX. Hadi Tjokrosusilo, Motivator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s