Sukses Menjadi Salesman dengan Mengubah Cara Berpikir


KATA James Gwee, bila konsumen membeli produk Anda, sesungguhnya ada tiga yang dia beli: perusahaan (merek) Anda, produk Anda, dan Anda sendiri. Inilah bagian kedua dari serial James Gwee di Tribun Timur, Makassar.

Sumber: Tribun Timur, Makassar
Kamis, 11-09-2008
Berdiri di Depan Cermin, Anggap Dia Pelanggan
Dari Smart Seminar Series James Gwee

JIKA ingin sukses sebagai seorang sales seperti Joe Girard, ubah cara berpikir Anda. Meski status sebagai karyawan namun watak harus seorang businessman.
Sales melangkah di tengah ketidakpastian. Itupun harus bermodal dulu, mau mengorbankan waktu, biaya, tenaga, dan pasti makan hati karena penolakan.

Gelisah karena takut ditolak itu merupakan modal bagi pengusaha. Tidak seperti karyawan yang mau bertindak jika ada jaminan. Kita ini adalah produk. Sebagai sales, Anda adalah produk. Ketika pembeli membeli produk yang dijual, ingat pembeli Anda membeli tiga hal yakni beli perusahaan (merek) Anda, beli produk Anda, dan Anda sendiri.
Saat pembeli masuk ke dalam toko busana, dan ketika masuk ada sales promotion girl (SPG) yang menjaga. Meski menjaga, namun SPG tersebut tidak memperhatikan dan malas melayani Anda. Secara logika, meski baju tersebut bagus namun karena SPG yang tidak menyenangkan, kita menjadi rela tidak membeli baju itu.
Secara manusiawi, customer itu membeli tiga produk dari kita, dan jika pelayanan kurang menyenangkan yang tiga produk itu habis. Sebagai sales, apakah Anda merupakan produk yang layak dibeli?

Setiap hari sebelum menghadapi customer, sebaiknya berdiri di depan cermin, dan menganggap orang di depan Anda itu adalah pelanggan. Lihat wajah Anda, apakah dengan ekspresi yang diperlihatkan dalam cermin itu bisa membuat pelanggan membeli produk Anda. Tanya diri Anda apakah kita merupakan produk yang layak. Jika ragu-ragu, maka seluruh tubuh dan kata-kata Anda akan memancarkan keragu-raguan juga.
Kalau ragu perhatikan ini, improve (perbaiki) penampilan. Ingat sebagai sales tidak ada istilah jam kerja. Di luar kantor atau di luar jam kerja, justru memberikan peluang untuk memasarkan produk Anda. Misalnya di tempat pernikahan, Anda mempromosikan produk yang dijual dengan keluarga Anda.
Kegiatan di luar kantor memungkinkan memiliki banyak kenalan. Tapi saat itu pastikan diri menarik dan layak dijual. Jadi penting bagi seorang sales adalah meng- upgrade penampilannya.
Joe Girard juga menekankan, dalam menjalankan bisnis penjualan yang penting diketahui adalah usahamu adalah Anda sendiri.
Joe Girard bukan pengusaha namun karyawan, tapi dia berpikir semua pelanggan yang dimilikinya adalah usaha dia sendiri, dan bukan usaha orang di departemen lain. Pelanggan ada yang untung adalah perusahaan, meski begitu seorang sales merasa kenyang atau lapar justru karena pelanggan dan bukan karena perusahaan. Sehingga Joe Girard tidak segan-segan mengeluarkan modalnya untuk usahanya memikat pelanggan.

Urus Sendiri

Perusahaan atau rekan Anda di departemen lain tidak mungkin bisa merawat dengan baik usaha Anda. Untuk itu urusi usaha Anda sendiri dan rekan Anda tidak punya kepentingan mengurusi hal tersebut.
Istimewakan selalu pelanggan Anda dengan meneleponnya selalu, sebab pelanggan Anda adalah masa depan seorang salesman.
Joe Girard tidak pernah mau menyerahkan pelanggannya ke rekan yang lain. Jika ada masalah dari pelanggannya, ia akan mengerjakannya sendiri untuk mewakili kepentingan pelanggannya.
Joe Girard selalu mengatakan ke pelanggannya proses keluhannya itu akan lama jika dan ia rela bersusah payah demi pelanggannya. Jika mengatakan tidak tahu apa-apa kepada pelanggan, maka Anda melanggar peraturan pertama.

link : http://dahlandahi.blogspot.com/2008/09/serial-james-gwee-sukses-menjadi.html

4 Comments

Filed under James Gwee

4 responses to “Sukses Menjadi Salesman dengan Mengubah Cara Berpikir

  1. wah keren neh.. do’akn saya ya,,ne mau coba2 jd salesman di sekolah2 jualin LKS, kyaknya prospek tuh… artikelnya matap lo mas q copy y?

  2. silakan, di copy.
    Aku juga ambil dari bog lain kok.

    btw, aq cewe

  3. achoet

    wah,jd brtmbh ni pengthuan gw….
    btw, thx y ats infony….

  4. sama2, semoga berguna🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s