Rela Berlutut di Depan Calon Pelanggan


Tentang bagaimana penjual memanjakan pembeli dari James Gwee. Ini serial terakhir dari seminar James Gwee di Makassar yang dipublikasikan di koran Tribun Timur, Makassar.

Sumber: Tribun Timur, Makassar
Jumat, 12-09-2008
Rela Berlutut di Depan Calon Pelanggan
Dari Smart Seminar Series James Gwee

“JUAL diri” Anda sebelum menjual produk Anda dan Joe Girard memahami hal ini. Untuk itu, dia senantiasa mengirimkan pesan bagi pelanggannya.
Si pembawa pesan menjadi disukai dan dicintai karena kemampuannya menjual diri secara positif sehingga bisa diterima dengan baik. Dengan menjual produk, mulai saat itu pembeli membeli Anda.

Menyapa dengan hangat serta memuji-muji setiap calon pembeli juga mesti dilakukan dan ini senantiasa dilakukan oleh Joe Girard.
Bahkan ia rela berlutut di depan anak calon pelanggannya hanya untuk menanyakan kabarnya,lalu kemudian membawa ke pojok mainan untuk membiarkan anak itu bermain sepuasnya.
Sebelum menjelaskan produknya, Joe Girard juga memberikan terlebih dahulu kartu bertuliskan I Like You agar bisa dekat dengan pelanggan.
Dengan melakukan ini, tidak hanya Joe Girard tapi Anda juga akan memenangkan hati pelanggan sehingga belum berbicara bisnis, hati pelanggan sudah senang dan Anda memenangkan hatinya.
Jadi buat diri Anda dibeli dulu dengan cara diterima oleh pelanggan. Menangkan hatinya sebelum menangkan kepalanya. Biasanya jika hati sudah senang maka otak itu tidak berfungsi lagi alias error.
Lihat saja ekspresi seseorang saat jatuh cinta tentu sangat senang dan indah meski pasangannya itu jelek. Setelah empat tahun saat cintanya mulai turun, baru otaknya jadi waras.
Jika Anda tidak memenangkan hati calon pembeli, Anda pasti bakal ditanyai apa saja mulai dari diskon hingga perbandingan harga.
Joe Girard berani memodali dirinya misalnya dengan memberikan parfum atau cash back kepada calon pembeli untuk memenangkan hatinya. Meski tidak ada jaminan apakah pelanggan akan membeli produknya, tapi ia berani.
Apa yang dilakukan Joe Girard setelah berhasil menjual produknya? Ia memberikan kartu ucapan terima kasih bagi customer-nya sebelum meninggalkan gedung.
Meski belum pasti kapan pembeli akan membayar uang muka untuk produk yang dibelinya, namun dengan memberikan kartu ucapan terima kasih, pembeli justru sukar untuk membatalkan kembali karena terkesan dengan perlakuan lebih yang diberikan seorang sales.
Dengan kartu seharga Rp 5.000 dapat menyelamatkan order yang akan dibatalkan. Joe Girard juga adalah seorang profesional sejati.
Seluruh kartu yang diberikan ke customer-nya itu merupakan modal dari kantongnya sendiri dan tidak dibayar oleh perusahaan.
Setelah memberikan kartu ucapan terima kasih, jangan lupa meneleponnya beberapa hari setelahnya, meski hanya sekadar untuk menanyakan apakah ia sudah menerima dengan baik produk yang dibelinya.
Jika ini dilakukan maka Anda adalah seorang sales yang baik dan juga berbeda dengan yang lainnya. Jadi mulai hari ini, setiap pelanggan Anda memonitornya melalui telepon meski hanya untuk menanyakan kenyamanan produk yang dibeli.
Dari percakapan ini, yang mesti dilakukan selanjutnya adalah meminta komentarnya tentang pelayanan yang diberikan, ataukah ada orang lain yang senang dan tertarik dengan produk yang dipakainya.
Jika ada, tawarkan hal itu kepada orang yang tertarik melalui pelanggan Anda, agar yang tertarik itu bisa juga menikmati pelayanan Anda.
Tapi ingat itu setelah pelanggan menikmati pelayanan, jika belum memberi pelayanan yang baik Anda tidak berhak meminta.

link : http://dahlandahi.blogspot.com/2008/09/serial-james-gwee-rela-berlutut-di.html

2 Comments

Filed under James Gwee

2 responses to “Rela Berlutut di Depan Calon Pelanggan

  1. Terima kasih Pak

  2. junshibuya

    @Dahlan
    sis kok
    oh iy, lupa ijin re-post postingan
    sorry, suka lupa kl udah nge-post m(_ _)m

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s