How To Handle Your Audiences Question During Your Presentation II


SMART BUSINESS TALK
JAMES GWEE
How To Handle Your Audiences Question During Your Presentation II
9 September 2008

INTISARI

Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai How To Handle Your Audiences Question During Your Presentation. Hal pertama yang harus kita punyai saat menghadapi pertanyaan dari para peserta presentasi adalah suatu pola pikir positif terhadap pertanyaan mereka. Ini penting karena walau pertanyaan yang diajukan terkesan memojokkan, namun jika kita kita mempunyai pikiran positif maka kita akan tenang menghadapi pertanyaan itu. Toh kita juga tidak didesain untuk tahu semua jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Namun demikian ketika pertanyaan tersebut tidak bisa kita jawab tetap yakinkan pada diri sendiri bahwa itu wajar saja karena kita manusia.
Untuk menangani pertanyaan dengan sistematis gunakan tehnik TRACT.

THANK YOU – ini penghargaan yang kita berikan kepada mereka yang memberikan pertanyaan karena telah memberikan perhatian sehingga memberikan pertanyaan.

REPEAT THE QUESTION – mengulang pertanyaan mempunyai tujuan meyakinkan tidak salah dengan pertanyaan yang diajukan, karena ini akan berpengaruh pada jawaban yang akan diberikan dan memberikan kesempatan pada peserta lain untuk mendengar pertanyaannya. Kemudian tujuan mengulang pertanyaan lainnya, supaya kita mengerti bahwa kita sudah menginterpretasi pertanyaan yang dimaksud dengan baik.

ANSWER – dalam hal menjawab kita mempunyai tiga skenario yaitu pertama kita tahu jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Jika kita tahu jawaban dari pertanyaan maka mudah saja kita menjelaskan apa yang menjadi pertanyaannya, jangan lupa juga untuk memberikan contoh yang berbeda – beda (karena peserta presentasi datang dari berbagai kalangan) setelah penjelasan agar gambaran yang didapat lebih gamblang. Kemudian simpulkan jawaban itu.

Namun jika kita hanya tahu setengah saja dari jawaban itu maka berikan jawaban sebaik mungkin kepada mereka dan selalu tambahkan kata menurut saya. Ini untuk menunjukkan bahwa ini adalah pendapat pribadi dan bukan jawaban yang berdasarkan teori dan riset. Agar jawaban lebih paten lagi, kita juga dapat mengajak peserta lain untuk memberikan tambahan jawaban dan ini adalah kesempatan kita untuk berbagi dengan peserta lainnya.

Nah jika kita sama sekali tidak tahu dengan jawaban yang kita berikan maka jujur saja. Setelah kita melakukan pengakuan bahwa kita tidak tahu mengenai jawaban pertanyaan yang diajukan, lemparkan pertanyaan kepada peserta lain. Atau kalau diantara peserta juga tidak ada yang bisa membantu, cobalah untuk menjanjikan jawaban walau tidak pada saat itu juga (kita bisa menunda memberikan jawaban setelah dua atau tiga hari kemudian, karena itu usai presentasi jangan lupa meminta nomor kontak untuk memberikan informasi selanjutnya, baik kita tahu jawabannya atau tidak).

CHECK – tanyakan pada penanya apakah jawaban yang diberikan sudah dapat memberikan jawaban dan kalau tidak maka bisa dijawab lagi hingga penanya benar – benar puas dengan jawaban yang diberikan.

THANK YOU – ucapan terima kasih pada penutup ini jauh lebih penting dibanding yang pertama. Ini dimaksudkan sebagai penghargaan kepada penanya bahwa ajuan pertanyaannya ini telah membuka kesempatan pada kita untuk lebih dapat mengklarifikasi, mengekspansi dan menampung semua yang menjadi pertanyaan dari peserta.

Namun yang penting dari itu semua kita harus dapat mengantisipasi pertanyaan yang mungkin muncul dan lakukan persiapan sebaik mungkin. (hac)

special thanks to smartfm

Leave a comment

Filed under James Gwee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s