How To Handle Audience Question During The Presentation


SMART BUSINESS TALK
James Gwee
How To Handle Audience Question During The Presentation
2 September 2008

INTISARI

Pertanyaan pasti akan muncul dalam sebuah presentasi. Namun terkadang kita sebagai pihak yang melakukan presentasi kurang memperhatikan hal tersebut. Ketika kita akan melakukan presentasi yang kita fokuskan hanyalah bagaimana caranya agar presentasi dapat berjalan lancar. Padahal jika kita bisa menangani pertanyaan dari para peserta presentasi maka ini akan menjadikan posisi kita menjadi lebih kuat dan presentasi kita akan meyakinkan ditambah lagi peserta presentasi akan mengetahui sejauh mana kemampuan kita. Namun jika kita tidak bisa menangani pertanyaan dari peserta presentasi, jangan salahkan jika peserta akan ragu dan tidak yakin dengan kemampuan kita.

Banyak alasan orang bertanya dalam sebuah presentasi.

Pertama, biasanya mereka menginginkan suatu klarifikasi. Cara menghadapi pertanyaan seperti ini adalah dengan memberikan apa yang dimaksudkannya.

Kedua, mereka hanya ingin menguji sejauh mana kompetensi kita atas apa yang kita presentasikan. Jika peserta presentasi menanyakan hal ini maka berikan jawaban yang kompeten untuk meyakinkan mereka bahwa kita adalah orang yang kompeten.
Ketiga, mereka biasanya hanya ingin mengekspos kelemahan diri kita dan sengaja mengekspos kekurangan produk dan perusahaan kita. Untuk mereka yang berniat seperti ini berikan saja jawaban singkat, padat dan jelas.

Alasan terakhir mengapa para peserta presentasi ini bertanya adalah untuk mengakomodasi pertanyaan dari semua peserta. Nah jika pertanyaan yang muncul adalah seperti ini maka berikan jawaban yang ditujukan untuk semua orang.

Satu hal yang harus diingat adalah ketika orang melontarkan pertanyaan maka kita harus tahu dan mengerti tujuan dibalik pertanyaan itu, sehingga kita bisa fokus dengan jawabannya.

Special thanks to SmartFM.co.id

2 Comments

Filed under James Gwee

2 responses to “How To Handle Audience Question During The Presentation

  1. selamat lebaran juga.. selamat datang di dunia blogger🙂

  2. sou ka……ok thanks infonya, sangat membantu ki nanti klo mo ngajuin beasiswa^^

    sore jya,
    ~akina~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s